Mencegah dan Mengatasi Kesurupan Saat Berkemah

Salam PRAMUKA!

Pernahkah anda tanpa sengaja di perkemahan atau kehidupan sehari-hari saat dirumah kita melihat orang kesurupan? Kalau saya pernah.


Lalu muncul suatu pertanyaan.
Apa sih kesurupan itu?
Apa penyebabnya?
Bagaimana pula penanganannya?
Bagaimana menjaga diri dari makhluk ghaib?

Nah dalam artikel ini, saya menguraikannya untuk kakak-kakak dari sudut pandang saya.

Kesurupan itu apa sih?

Kesurupan adalah kondisi disosiasi mental, dimana seorang korban merasa dikendalikan makhluk gaib, menjadi pribadi yang lain atau mengalami katarsis.


Apa penyebabnya kesurupan?

Penyebab kesurupan tidak selalu berkaitan dengan hal mistik. Kesurupan bisa terjadi saat emosi yg berupa kemarahan, takut, cemas, kecewa atau bahkan karena ingin diperhatikan, ingin melarikan diri dsb meluap setelah mendapat pemicu tertentu.


Lalu bagaimana pertolongan pertama pada kesurupan?

Mencegah dan Mengatasi Kesurupan Saat Berkemah
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan diantaranya dengan memberi bantuan energi (biasa dilakukan oleh pesilat dan ahli spritiual) ruqyah, akupunktur, akupresur dan hipnoterapi atau gabungan dari tekhnik-tekhnik tadi.

Prosedur utama pengangan terhadap seorang yang kesurupan:
1. Jauhkan dari kerumunan, hal ini bertujuan agar penangan lebih fokus dan tidak terganggu pada keramaian.
2. Lakukan prosedur pertolongan korban pingsan, silahkan baca disini.
3. Bila dapat diajak untuk berkomunikasi lakukan terapi bagian (dijelaskan di pos selanjutnya)
4. Bila susah atau tidak bisa diajak berkomunikasi, pijat bagian sendi pundak, sendi sisi dalam siku, pergelangan tangan, pundak, jempol kaki. Ketuk ringan tengah-tengah dahi dan mahkota kepala.
5. Bagi yang sudah mempunyai ilmu pernafasan, tempelkan tangan di dahi dengan melakukan olah nafas.
6. Jangan pernah sekalipun menyatakan dan mengatakan hal negatif, misal mengatakan kalau si korban kesurupan. Hal ini malah akan menambah kondisi semakin buruk.
7. Bacakan do'a sesuai agama nya masing-masing.

Gunakan cara apapun caranya, tujuannya bukan untuk "mengusir" yang merasuk, tapi yang terpenting adalah bagaimana menstimulasi kesadaran korban.


Bagaimana menjaga diri dari makhluk ghaib?

#1. Jaga sikap dan perkataan
Dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung, saya memaknai demikian pula saat di bumi perkemahan. Karena di setiap tempat kita selalu berdampingan dengan mahluk halus. Alangkah baiknya jika kita menjaga ucapan dan perbuatan agar mahluk halus pun tidak merasa terganggu.

#2. Fikiran jangan sampai kosong
Menurut para ahli, salah satu penyebab terjadinya kesurupan adalah kosongnya fikiran atau melamun. Usahakan tetap fokus terhadap kegiatan. Dan jangan sampai menyendiri, karena biasanya melamun terjadi ketika tidak ada teman.

#3. Do'a atau Ibadah
Sebagai bangsa yang berpancasila dan memiliki agama tentunya setiap keyakinan diajarkan do'a atau ibadah. Kita percaya kepada kekuatan Tuhan. Maka dari itu kita senantiasa memanjatkann do'a kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bagi yang beragama Islam bisa dengan menjaga wudzu nya.

Ini adalah tips dari pengalaman yang saya tahu, jadi mungkin kakak-kakak mempunyai tips lain silahkan bagikan disini dengan cara komentar dibawah.

Belum ada Komentar untuk "Mencegah dan Mengatasi Kesurupan Saat Berkemah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel